Selasa, 23 Agustus 2011

Putri Indonesia Diantara Budaya Timur dan Barat

……“Sesungguhnya Alloh menciptakan manusia dalam bentuk sebaik-baiknya”(Q.S.At-Tin:4). Apakah kita ingin mencela ciptaan Sang Maha Pencipta? Kita telah banyak meniru budaya kaum Jahiliyah tanpa tahu kearah mana kita digiring. “Barangsiapa mengikuti kebiasaan suatu kaum, maka ia bagian dari kaum tersebut”(H.R.Muslim)


ITS.. sebuah institusi pendidikan yang cukup terkenal mencetak mahasiswanya menjadi seseorang yang punya skill di bidangnya. Mulai dari PIMITS, MAWAPRES, PIMNAS, KRI-KRCI, LCEN, PKM, LKTI dan masih banyak lagi kontes yang bisa diikuti mahasiswa sebagai ajang kreativitas.Dan tidak disangka salah satu mahasiswinya telah berhasil menjadi juara satu pada ajang pemilihan Putri Indonesia. Pemilihan Putri Indonsia merupakan salah satu ajang paling bergengsi bagi wanita. Sejak kecil kita selalu dicekoki bahwa cantik itu tinggi semampai, berkulit putih, rambut panjang lurus hitam, bentuk tubuh proporsional, hidung mancung dll. Sehingga banyak wanita yang menghabiskan lebih dari separuh hidupnya dan berjuta-juta uang hanya untuk ‘menjadi cantik’. Secara tidak sadar kita telah meng”objek”kan wanita sebagai sebuah benda yang hanya dinilai dari segi penampilan luarnya saja. Padahal kalau ditinjau menurut Islam “..Sesungguhnya Alloh tidak melihat kepada jasad-jasadmu melainkan Dia melihat kepada hatimu.”(H.R.Muslim) dan “Sesungguhnya Alloh menciptakan manusia dalam bentuk sebaik-baiknya”(Q.S.At-Tin:4). Apakah kita ingin mencela ciptaan Sang Maha Pencipta? Kita telah banyak meniru budaya kaum Jahiliyah tanpa tahu kearah mana kita digiring. “Barangsiapa mengikuti kebiasaan suatu kaum, maka ia bagian dari kaum tersebut”(H.R.Muslim)

Pemilihan Putri Indonesia sendiri dimaksudkan untuk mencari duta wisata yang kelak akan mempromosikan wisata Indonesia ke luar negeri. Tetapi pada akhirnya ajang ini diteruskan hingga ti ngkat dunia yang makin membuat jati diri bangsa yang sopan santun dan menjungjung tinggi budaya ketimuran mulai luntur. Dalam ajang Miss Universe setiap keindahan wanita seakan dilucuti demi sebuah penilaian yang tidak jelas yang mengatasnamakan pemilihan ratu sejagad. Padahal dalam even ini merupakan ajang promosi produk-produk yahudi, dengan wanita sedunia sebagai komoditi utamanya. Kalau toh untuk duta wisata untuk apa ada sesi swimsuit, yang menilai sisi kemolekan dan keindahan tubuh wanita. Dari ini saja tidak terlihat keterkaitan yang jelas. Kalau toh Pemilihan Putri Indonesia untuk mendongkrak bidang pariwisata Indonesia mengapa tidak dibenahi saja objek-objek yang ada dan promosi ke negara-negara lain yang lebih gencar? Hal ini perlu diperhatikan agar kita tidak menjadi bangsa yang mem”bebek”. Bangsa yang mudah diombang-ambingkan keadaan tanpa tahu tujuan dan arah kapal berlayar.

Sering kali kita melakukan sesuatu tanpa tahu kita menuju jurang yang dalam. Peran masyarakat sebagai kontrol sosial terlihat sudah mulai hilang. Ini menunjukkan ada nilai agama dan budaya yang mulai hilang akibat Ghozhul Fikri (Perang Pemikiran) yang dilancarkan musuh-musuh Islam. Kalau toh ada budayawan yang menganggap hal ini tidak bertentangan dengan budaya Indonesia maka harus dipertanyakan kembali budaya Indonesia yang mana, yang memperbolehkan wanita mempertontonkan auratnya di hadapan orang banyak? Lalu cantik itu seperti apakah menurut Islam?Islam mengajarkan kepada wanita untuk menutup aurat mereka. Hal ini merupakan bentuk perhatian Islam kepada para wanita, karena setiap bagian dari wanita adalah indah. Dengan menutup aurat maka keindahan itu akan terjaga. Selain itu Alloh hanya melihat ketaqwaan hambanya,yaitu kecantikan hati. Hal ini tercermin dari hubungan vertikal dengan Alloh serta hubungannya dengan sesama yang dapat dilihat dari manfaat dirinya di lingkungan guna mendekatkan orang lain ke arah kebaikan. Kecantikan itulah yang lebih bermanfaat yang membuat kita selamat dunia akhirat. Maka Rasululloh pun telah berpesan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita dan sebaik-baik wanita adalah wanita sholehah. Semoga kita dapat menjadi sebaik-baik perhiasan dunia dan perhiasan keluarga yang menjaga kehormatannya.Wallahua’lambissawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar